03 Maret, 2009

Situs Purbakala

Watu Kandang
Terletak di wilayah Kecamatan Matesih, dikenal sebagai bentuk pra candi sebelum ada seni bangunan candi di Indonesia, berupa kelompok batu berdiri, yang diperkirakan sudah berusia sangat tua.


#

Giyanti
Situs ini terletak di Desa Jatiharjo merupakan situs yang dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai tempat penandatanganan Perjanjian Giyanti pada tahun 1755 yang membagi kerajaan Mataram menjadi dua yakni Surakarta dan Jogyakarta.
#

Palangatan
Situs Purbakala Palanggatan sering disebut sebagai Candi Palanggatan dan Situs Purbakala Candi Menggung.
#

Menggung
Situs Purbakala Menggung sering disebut sebagai lingkungan Candi Menggung, hingga kini masih dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Pada setiap terbitnya wuku dukut perhitungan kalender Jawa, diselenggarakan upacara tradisi “Dhukutan” yang dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit.
#

Astana Mangadep
Di lereng Gunung Lawu, atau tepatnya di wilayah Kab. Karanganyar terdapat berbagai pusat kegiatan Ziarah ke makam petilasan para leluhur. Antara lain Astana Mangadeg, Astana Girilayu, Alas Krendowahono, Bulakkragen, Astana Temuireng, Petilasan Putra Serang, Puncak Gunung Lawu, Bukit Jabakanil
#

Ki Ageng Pamacekan
Merupakan wisata ziarah ke makam Ki Ageng Pasek (Pamacekan), yaitu leluhur bali yang dimakamkan di Desa Pasekan, Karangpandan dalam rangka perjuangan. Selain berziarah dapat pula disaksikan acara-acara ritual agama Hindu, di dukung panorama alam sekitara yang mempesona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar